Senin, 27 Desember 2010

Mo RAKIt Ne Ceritanya...??

1. Processor


Performa CPU masih menjadi faktor penting dalam banyak game, contohnya pada game bergenre RTS seperti Age of Empire dan sebangsanya, dimana banyak karakter yang bergerak ke mana-mana pada saat yang sama. Tapi pada genre game lain, misalnya FPS, performa video card lebih dipentingkan. Oleh sebab itu, kami memilih AMD Athlon 64 X2 4600+ karena sudah sangat mumpuni, dan dana yang tersisa bisa dialihkan ke komponen lain.

Processor dual core ber-socket AM2 ini memiliki clock speed sebesar 2,4 GHz, dan L2 cache 512 KB tiap core. Oleh AMD, processor ini dilabeli sebagai Energy Efficient Processors. Artinya adalah processor ini memiliki performa yang sama dengan processor lain yang frekuensi dan cache-nya sama, tapi menghasilkan panas lebih rendah dan konsumsi daya lebih sedikit.
Quote:
2. Motherboard


Motherboard ini adalah salah satu motherboard high end bersocket AM2, dan berbasiskan chipset nForce 590 SLI. K9N Diamond menyediakan dua slot PCI-e x16, 4 slot DDR2 yang bisa menampung memory hingga 8 GB, 10 USB 2.0 port, FireWire, dual Gigabit LAN, RAID, dan audio onboard yang menggunakan chip Creative Sound Blaster Audigy.
Quote:
3. Memory


Menurut informasi resmi dari website MSI, K9N Diamond mendukung beberapa memory seperti dari Crucial, Corsair, Kingston, Mushkin, dan OCZ. Namun kali ini pilihan jatuh ke Kingston seri HyperX. Seri HyperX berada satu kelas di atas seri ValueRAM, namun merupakan pilihan yang tepat, karena performa dan harganya. Di spesifikasi ini, kami menggunakan kapasitas 1 GB yang digandakan menjadi 2 GB, demi mengejar performa yang dihasilkan oleh dual channel.
Quote:
4. Video Card


Seperti kami jelaskan di bagian sebelumnya, selain mengandalkan performa processor, banyak game yang sangat mengandalkan kemampuan video card. Untuk saat ini, seri 8800 GTX masih berada di level atas, oleh karena itu solusi yang paling masuk akal demi menekan harga dan tetap bisa menikmati fasilitas yang disediakan DirectX 10 adalah menggunakan GeForce 8800 GTS.

Seri GeForce 8800 GTS tersedia dalam dua versi memory, yaitu yang dasar atau 320 MB, dan 640 MB. Clock GPU-nya mencapai 500 MHz, sedangkan memory clock-nya mencapai 800 MHz.
Quote:
5. Sound Card


Sound card onboard tetap menjadi pilihan utama kami dalam menekan dana. Dan apa yang ditawarkan oleh motherboard K9N Diamond sangat menggiurkan. Bila di motherboard-motherboard lain menawarkan chipset audio dari vendor-vendor yang kurang terkemuka, maka K9N Diamond menawarkan chipset onboard Creative Sound Blaster Audigy SE 24-bit, dukungan Dolby Digital, dan mendukung hingga 7.1 channel.
Quote:
6. Harddisk


Tidak berbeda jauh dengan komposisi sebelumnya, kami tetap menggunakan harddisk Seagate Barracuda yang menggunakan interface SATA II. Hanya saja kali ini kapasitasnya dinaikkan menjadi 320 GB.
Quote:
7. Monitor


Lebih besar sedikit dari sebelumnya, kali ini kami menggunakan monitor CRT berukuran 19 inci dari Samsung, yang memiliki viewable area 18 inci. Monitor ini berlayar flat, memiliki dot pitch 0,20 mm, dan memiliki resolusi maksimal sebesar 1920 x 1440.

Dengan ukuran 19 inci, kami rasa sudah sangat layak untuk menikmati game, terutama game bergenre RTS, di mana banyak sekali unit-unit yang terlihat sangat kecil.
Quote:
8. Casing


Dari bentuk luarnya saja sudah terlihat jelas kalau casing Raidmax Ninja ini memang ditujukan untuk komputer bercita rasa game. Produk yang sekilas terlihat seperti produk dari Alienware ini memiliki dimensi yang menjulang tinggi. Karena di dalamnya mampu menampung drive bay 5,25 inci hingga 5 buah, dan 2 buah drive bay 3,5 inci. Agar lebih menggoda lagi, ditambahkan pula LED berwarna biru terang yang bisa membuat siapa saja menengok.
Quote:
9. Power Supply


Untuk power supply-nya sendiri, Anda harus menambahnya lagi, sebab paket penjualan casing Raidmax memang tidak menyertakan power supply. Oleh sebab itu
kami memilih power supply Silverstone 500 W. Silverstone ST50EFP diklaim memiliki nilai efisiensi lebih dari 80%. Demi menjaga kesunyian, kipas berukuran 120 mm beroperasi maksimal 29 dBA.
Quote:
10. Speaker


Fasilitas Creative Sound Blaster Audigy SE yang sudah disediakan oleh motherboard tentu sangat mubazir, apabila dipasangkan dengan speaker 2.1. Oleh sebab itu, demi mendapatkan pengalaman surround sound, maka sudah semestinya Anda menggunakan speaker 5.1 atau lebih.

Logitech X-530 memiliki total RMS power sebesar 70 watt. Pada speaker satellite-nya, yang depan 7,4 watt, tengah 15,5 watt, belakang 7,4 watt, dan di subwoofer menyediakan 25 watt.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
 
Free Web Hosting